You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Mukti Jaya

Kec. Tanjung Raya, Kab. Mesuji, Prov. Lampung

"POSYANDU BALITA DAN IBU HAMIL DESA MUKTI JAYA"


Senin 7 November 2022

Pemerintah Desa Mukti Jaya Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung mengadakan Pos pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu ( Posyandu ) kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh petugas kesehatan dari Puskes Tri Karya Mulya , posyandu yang ada didesa Mukti Jaya diadakan rutin setiap satu bulan sekali yang bertempat di halaman Balai Desa. Pada pelaksanaan Posyandu bulan ini pemeriksaan kesehatan kepada peserta balita, ibu hamil. Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita, ibu hamil.

 Kegiatan Posyandu dimulai pukul 08,00 WIB. Balita yang mengikuti posyandu berjumlah sekitar 50 anak dan ibu hamil sekitar 13 orang. Posyandu ini diadakan rutin setiap satu bulan sekali bertujuan untuk mengontrol tumbuh kembang balita yang bertugas dalam kegiatan ini ialah perangkat Posyandu terdiri dari bidan dan kader Posyandu itu sendiri. Salah satu Bidan yang bertugas dalam kegiatan tersebut memaparkan tentang manfaat adanya posyandu.

“ kegiatan posyandu itu dilakukan karena sesuai dari kebutuhan masyarakat didaerah tersebut, contoh kebutuhan tentang imunisasi” terang beliau ibu Siti Rohimah.

Kegiatan ini dimulai dari penimbangan balita, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar kepala kemudian menyerahkan buku KIA ( kesehatan ibu dan anak ) yang mana didalam buku itu berisi catatan kesehatan ibu ( hamil, bersalin dan nifas ) dan anak ( bayi baru lahir hingga berusia 5 tahun ) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak. Kemudian diberi PMT ( pemberian makanan tambahan ) makanan yang diberikan seperti bubur kacang hijau dan lain sebagainya. Setelah itu diberi vit A untuk setiap anak, anak yang berusia 6 bulan -1 tahun diberi vitamin A yang berwarna biru,sedang yang berusia 1 tahun keatas diberi vitamin A berwarna merah.

Selanjutnya Bidan Siti Rohimah anggota puskesmas memberikan penyuluhan tentang keluarga berencana ( KB ) dan tumbuh kembang anak. Dalam penyuluhan tersebut beliau menjelaskan tentang harus ada jarak antara kelahiran anak, dikarenakan seorang balita yang baru lahir sangat membutuhkan ataupun full air susu ibu ( ASI ) sampai berusia 6 bulan, setelah umur 6 bulan barulah anak boleh mengkonsumsi selain ASI.

“Pemerintah bukan mencegah kita untuk membatasi tingkat kelahiran anak hanya saja harus adanya jarak antara kelahiran anak tersebut” papar beliau dalam penyuluhan tersebut.

Bagikan artikel ini:
Komentar